TENTANG ILMU PEMERINTAHAN

Program Studi Ilmu Pemerintahan merupakan Program Studi di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram. Program Studi ini Terakreditasi B, melalui keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor : 2982/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2020 tanggal 5 Mei 2020. Masa berlaku sampai dengan tanggal 5 Mei 2025.

VISI

Menjadi Program Studi yang unggul, profeisonal dalam bidang politik dan tata kelola pemerintahan berdasarkan Catur Dharma Perguruan Tinggi di tingkat ASEAN pada tahun 2028.

MISI

  1. Menyelenggarakan pengajaran dengan menerapkan kurikulum berbasis KKNI serta nilai-nilai Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang kreatif dan inovatif pada tingkat regional, nasional maupun internasional.
  3. Mendukung terwujudnya sistem politik demokratis serta tata kelola good governance.
  4. Mengembangkan kajian kritis dan faktual terhadap dinamika demokrasi dan otonomi daerah berbasis local wisdom melalui pemanfaatan Laboratorium Politik dan Pemerintahan.
  5. Meningkatkan network kelembagaan dengan institusi pemerintah dan non- pemerintah (civil society) untuk mendorong terlaksananya praktik good governance secara simultan yang saling menguntungkan dengan pemerintah daerah di tingkat regional, nasional maupun internasional.
  6. Mampu menciptakan pekerjaan secara mandiri melalui Entrepreneur.

Profil Lulusan

Dari hasil kajian evaluasi terhadap kurikulum 2018, analisis SWOT dan deskriptor KKNI sesuai PP Nomor 8 Tahun 2012 dan diperkuat juga dengan penjelasan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi sehubungan telah ditetapkan Permen 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi maka perlu sekiranya merumuskan profil lulusan program studi Program Studi Ilmu Pemerintahan dengan lebih spesifik untuk dapat mengikuti kebutuhan stakeholders

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Program Studi Program Studi Ilmu Pemerintahan telah menetapkan Standar kompetensi lulusan sesuai dengan hasil Workshop Kurikulum KKNI Berbasis Revolusi Industri 4.0 yang telah dilaksanakan pada tanggal 3-4 Mei 2019, dengan melibatkan beberapa stakeholders yaitu lembaga pemerintahan, Legislatif, calon pengguna lulusan, dan lainnya.

Hasil rumusan Capaian Pembelajaran sebagai Standar Kompetensi Lulusan Program Studi Program Studi Ilmu Pemerintahan ini sudah disesuaikan Visi dan Misi Program Studi Program Studi Ilmu Pemerintahan dan disusun berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan Permendikbud SNPT ditentukan bahwa Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria capaian pembelajaran lulusan pendidikan tinggi yang merupakan internalisasi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Capaian Pembelajaran dirumuskan ke dalam deskripsi yang mencakup aspek Sikap dan Tata Nilai, Penguasaan Pengetahuan, Keterampilan Khusus, dan Ketrampilan Umum. Adapun hasil rumusan Capaian Pembelajaran Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah sebagaimana pada table berikut:

Spread the love